Telp / SMS : 082330216679 / Whatsapp : 082330216679 promohondaprobolinggo@gmail.com WORKS : MING 08.00-22.00 WIB :
Naik Mobil di Malam Hari, Ini Tipsnya Biar Aman

Naik Mobil di Malam Hari, Ini Tipsnya Biar Aman

Saat malam hari kondisi lalu lintas memang cenderung lebih sepi dibanding waktu siang. Sehingga wajar jika sebagian orang lebih memilih naik mobil di malam hari ketika berpergian jarak jauh.

Kendati demikian, berkendara selepas matahari terbenam memiliki tantangan tersendiri. Pengemudi wajib menyadarinya dan mengatisipasi sejak awal.

Menurut laporan Popular Mechanics, publikasi otomotif yang terbit sejak 1902, berikut ini hal-hal yang bisa dilakukan pengendara agar perjalanan malamnya menjadi aman.

1/ Cek lampu utama mobil

Hal ini menjadi poin yang paling utama. Namun selain memastikan lampu mobil berfungsi normal, periksa juga ketinggian level lampu. Atur agar sorotannya tidak terlalu rendah ataupun tinggi. Pemilik mobil juga bisa membersihkan kaca atau plastik lampu depan agar sorotannya makin sempurna.

2/ Membersihkan kaca depan

Kaca mobil yang terlihat bersih saat siang hari belum tentu bebas masalah ketika malam datang. Terkadang ada objek tertentu yang tak terlihat oleh mata, namun bisa mengganggu. Sebut saja residu dari bahan pembersih yang sebelumnya digunakan untuk membersihkan kaca. Solusi yang bisa dicoba ialah mengelap kaca menggunakan kertas koran atau kain microfiber. Hindari menyentuh langsung kaca depan karena minyak dari kulit juga bisa mengganggu pandangan.

3/ Mengatur kaca spion

Salah satu gangguan berkendara malam hari ialah silau yang datang dari lampu kendaraan lain. Bukan hanya mobil dari arah berlawanan, melainkan lampu mobil dari belakang yang terlihat di spion. Untuk menghindari silau berlebih dari spion, atur posisinya sedikit menunduk. Dengan begitu Anda masih bisa melihat refleksi lampu mobil dari belakang, tapi mengarah langsung ke mata.

4/ Menjaga jarak aman

Menjaga jarak aman dengan kendaraan di depan menjadi semakin penting ketika malam hari. Hal ini berkaitan dengan kemampuan respons tubuh untuk melakukan pengereman. Perlu diingat bahwa saat malam hari datang kondisi tubuh sudah menurun. Hal ini dikhawatirkan membuat refleks melakukan pengereman menjadi berkurang sehingga butuh jarak lebih banyak.

5/ Persiapkan rute dan waktu istirahat

Hindari berkendara semalaman penuh karena bisa dipastikan kondisi tubuh akan merosot. Untuk itu penting melakukan perencanaan rute termasuk jadwal kapan dan di mana Anda akan berisirahat. Amannya, seseorang mengemudi maksimal 8 jam sehari dengan diselingi istirahat setiap 3 jam.

Stay Connected

Model Terpopuler

ALL NEW BRIO
7 Type
Dilihat: 360x
NEW MOBILIO
7 Type
Dilihat: 245x

Slide Model

Random Model

CITY HATCHBACK
2 Type
Harga Mulai :
310.250.000
NEW CIVIC TURBO
1 Type
Harga Mulai :
547.950.000