Telp / SMS : 082330216679 / Whatsapp : 082330216679 promohondaprobolinggo@gmail.com WORKS : MING 08.00-22.00 WIB :
Jok Mobil Awet Sampai 5 Tahun Lebih Pakai Cara Ini

Jok Mobil Awet Sampai 5 Tahun Lebih Pakai Cara Ini

Jok mobil awet memberikan banyak manfaat bagi pemilik kendaraan. Selain membuat mobil selalu nyaman digunakan dan tak berkurang estetikanya, jok mobil awet juga dapat membantu mempertahankan nilai kendaraan. Dengan demikian, mobil bisa tetap laku dengan harga terbaik saat hendak dijual lagi.

Nah, berhubung usia atau ketahanan pemakaian jok mobil sangat ditentukan oleh kebiasaan pemilik kendaraan, cobalah beberapa tips berikut untuk menjaga kondisi jok mobil tetap awet. Jika seluruhnya berhasil Anda terapkan dengan baik, kualitas jok mobil bisa terjaga setidaknya hingga lima tahun lamanya lho!

1. Jangan Merokok di Dalam Mobil Agar Jok Mobil Awet

Rahasia jok mobil awet yang pertama ini cukup penting untuk diperhatikan oleh para perokok. Jangan menyalakan atau membakar rokok di dalam mobil karena asap yang ditimbulkan dapat menempel di jok dan menimbulkan bau yang sulit dihilangkan. Abu atau puntung rokok juga bisa jatuh mengotori dan meninggalkan noda yang susah dibersihkan pada jok kendaraan. Pada tingkat yang cukup parah, jok mobil bahkan bisa berlubang jika tak sengaja tersundut atau terkena ujung rokok.

Namun, perlu diingat bahwa himbauan untuk tidak merokok di dalam mobil ini bukan semata demi menjaga kondisi jok mobil saja. Pada dasarnya, merokok di dalam mobil memang berbahaya mengingat adanya komponen-komponen kendaraan yang sensitif terhadap api atau rentan terbakar. Oleh sebab itu, larangan merokok di dalam mobil sebenarnya juga bertujuan untuk melindungi keselamatan Anda sebagai pengendara.

2. Usahakan Tidak Makan & Minum di Dalam Mobil Agar Jok Mobil Awet

Selain merokok, hal lain yang sebaiknya tidak Anda lakukan di dalam mobil adalah makan dan minum. Sama seperti merokok, aktivitas makan dan minum juga berisiko membuat jok kendaraan kotor hingga meninggalkan noda yang belum tentu bisa dihilangkan sepenuhnya.

Jika terpaksa membawa masuk makanan dan minuman ke dalam mobil, pastikan Anda telah mengemasnya dengan baik. Letakkan minuman pada cup holder yang sudah tersedia di mobil dan simpan makanan di dalam tas khusus. Lebih baik lagi jika Anda memberinya alas yang cukup tebal, seperti karton, untuk mencegah timbulnya noda akibat cairan yang tumpah atau minyak yang rembes.

3. Hindari Meletakkan Benda Tajam atau Bertinta di Jok Mobil

Agar jok mobil awet, Anda juga disarankan untuk tidak meletakkan benda tajam atau bertinta di atas jok mobil. Benda tajam yang diletakkan di atas jok bisa tak sengaja tergeser hingga menggores atau menyobek jok. Sementara itu, benda bertinta seperti pulpen, spidol, crayon, atau bahkan lipstick bisa menimbulkan noda yang sulit hilang jika tiba-tiba tak sengaja terbuka.

Untuk Anda yang memiliki mobil dengan jok berbahan kulit, benda bertinta yang perlu dijauhkan dari atas jok juga termasuk brosur maupun kertas-kertas lain yang memiliki gambar atau tulisan. Hal ini mengingat gambar atau tulisan yang ada di kertas berisiko ‘pindah’ dan tercetak di jok, khususnya jika kertas dalam kondisi terkena air atau basah.

4. Jok Mobil Awet Jika Dibersihkan dengan Rutin

Jika ingin jok mobil awet, Anda juga sebaiknya rajin merawat atau membersihkan jok secara rutin. Caranya tidak terlalu susah dan bisa Anda lakukan sendiri di rumah. Apapun bahan jok mobil Anda, yang pertama harus dilakukan adalah memulai proses pembersihan dengan mengangkat debu dan kotoran menggunakan vacuum cleaner. Setelah itu, barulah sesuaikan treatment pembersihan dengan bahan jok mobil Anda.

Untuk membersihkan jok berbahan genuine leather, usapkan plas chamois lembap dan keringkan dengan lap microfiber. Untuk synthetic leather, semprotkan atau tuangkan obat pembersih khusus (bisa digantikan dengan shampoo atau pembersih kaca), sikat perlahan dengan sikat gigi, dan keringkan dengan lap microfiber juga. Untuk jok berbahan soft fabric, lakukan langkah yang sama seperti cara membersihkan synthetic leather. Bedanya, cukup buka pintu kendaraan untuk mengeringkan jok berbahan soft fabric yang sudah diberikan.

Sebagai catatan, merawat atau membersihkan jok mobil tidak harus terjadwal. Anda dapat melakukannya sewaktu-waktu atau malah sesegera mungkin jika dirasa perlu. Tujuannya tentu untuk menghindari bertumpuknya kotoran yang membuat noda atau bau tak sedap semakin sulit hilang.

5. Gunakan Sesuai Fungsinya

Jangan lupa juga untuk menggunakan jok mobil sesuai fungsi agar kondisinya tetap awet dan terjaga. Duduklah di jok mobil dengan posisi yang semestinya, yaitu duduk tegak dengan kaki menapak di bagian lantai atau karpet mobil. Jangan mengangkat kaki atau berbaring di jok mobil karena dapat meninggalkan cap atau jejak kotoran yang berbekas.

6. Parkir di Tempat yang Teduh

Ada satu rahasia jok mobil awet yang kerap luput diperhatikan oleh pemilik kendaraan, yaitu parkir di tempat teduh. Sebisa mungkin hindarilah parkir di tempat terbuka yang membuat mobil terkena sinar matahari secara langsung. Apabila sama sekali tidak memungkinkan, pasanglah selalu sun screen atau sun visor saat Anda parkir atau meninggalkan mobil di siang hari untuk mencegah sinar matahari masuk menembus kaca dan mengenai jok kendaraan.

Pasalnya, paparan sinar matahari yang terus menerus terjadi dalam jangka waktu lama dapat merusak atau menurunkan kualitas jok mobil. Jika terbuat dari kulit, jok bisa kering dan pecah-pecah (retak). Jika terbuat dari selain kulit, warna jok bisa pudar.

Stay Connected

Model Terpopuler

ALL NEW BRIO
7 Type
Dilihat: 360x
NEW MOBILIO
7 Type
Dilihat: 245x

Slide Model

Random Model

NEW CIVIC HATCHBACK RS
1 Type
Harga Mulai :
512.950.000
NEW MOBILIO
7 Type
Harga Mulai :
215.350.000